Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Melawan dan Mencegah Pelecehan Seksual: Jangan Takut!

Kasus pelecehan seksual memang selalu terjadi. Korban terbanyaknya adalah perempuan. Faktanya ada ribuan kasus yang terlapor setiap tahunnya di Komnas Perempuan. Dikutip dari merdeka.com, pada tahun 2018 ada 5280 kasus, dan pada tahun 2019 ada 4898 kasus. Sedangkan hingga bulan Mei 2020, sudah ada 461 kasus yang terlapor.


Image source: https://statik.tempo.co/data/2018/01/26/id_679722/679722_720.jpg

Penduduk  Indonesia bahkan dunia selalu mendukung dan berusaha menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi para perempuan. Tapi, dukungan tersebut belum mampu secara signifikan menurunkan jumlah kasus pelecehan seksual. Maka dari itu, setiap perempuan harus membekali dirinya sendiri untuk melawan kekerasan dan pelecehan seksual yang mungkin diterimanya.

Nah, pada artikel ini, penulis ingin membagikan cara-cara yang bisa dilakukan untuk melawan dan mencegah pelecehan seksual. Berikut cara-caranya:


1. Berani memberikan teguran 

Perempuan biasanya menjadi target pelecehan seksual ditempat yang ramai padat, bisa sentuhan kecil atau sentuhan yang lebih berani pada bagian-bagian tertentu pada tubuh. Ketika hal ini terjadi, jangan segan untuk menegur pelaku. Ingat, kamu ada ditempat yang ramai padat, pasti ada banyak orang disana. Buat pelaku pelecehan merasa bersalah dan malu terhadap kelakuannya. Dengan begitu, pelaku akan jera dan tidak melakukan hal itu lagi. Kamu juga bisa memberitahukan petugas keamanan untuk menegur orang tersebut atau menyuruhnya pergi.

Begitu juga ketika menerima perlakuan catcalling dan street harassment, tunjukkan ekspresi tegas dan tidak suka terhadap apa yang dilakukan para lelaki kepada kamu. Jangan hanya diam saja, apalagi malu-malu, karena bisa saja para pelaku makin ketagihan dan menjadi-jadi.

2. Jaga penampilan

Pelecehan seksual tentunya disebabkan oleh hasrat seksual. Jadi, kamu harus benar-benar memperhatikan penampilan kamu sesuai dengan situasi. Jika pergi ketempat yang ramai padat, gunakanlah pakaian yang agak tertutup dan tidak mengundang hasrat.

Setiap orang berhak menggunakan busana apapun yang dia mau. Tapi ingat, busana yang kamu pakai bisa saja mengundang orang lain untuk melakukan pelecehan seksual.

3. Siapkan semprotan minyak angin atau lada

Jika kamu sering bepergian seorang diri, apalagi dimalam hari, maka senjata yang satu ini sangat dianjurkan.

Gunakan botol yang ada semprotannya, kemudian  isilah dengan campuran air dan minyak angin atau lada. Pastikan semprotannya berfungsi dengan baik, kemudian simpanlah ditempat yang mudah dijangkau. 

Ketika ada yang mengganggu dan mencoba mendekati kamu, arahkan semprotan tersebut ke matanya kemudian semprotkan. Setidaknya, kamu akan punya waktu untuk melarikan diri.

4. Belajar bela diri

Sebagai perempuan, kamu harus tahu dasar-dasar bela diri apalagi kalau pelaku pelecehan seksual sudah berani main fisik. Dengan bela diri, kamu akan tahu cara untuk melepaskan diri, melakukan serangan balik, atau bahkan melumpuhkan lawan.

Bela diri, seperti namanya, adalah untuk menjaga diri kamu dari orang lain. Tidak harus mahir berkelahi, setidaknya bisa melepaskan diri dari kejahatan orang lain.

Image source: https://static.republika.co.id/uploads/images/inpicture_slide/selain-bela-diri-secara-fisik-kaum-hawa-bisa-mempelajari-_141126083927-979.jpg

5. Laporkan! Jangan takut!

Indonesia adalah negara hukum dengan undang-undang perlindungan terhadap warga negaranya. Jadi, jangan ragu untuk melaporkan kejahatan seksual yang terjadi. Laporkan pada pihak berwenang, bisa dimulai dari tingkatan paling rendah seperti ketua adat, kepala desa, kepala RT/RW, lurah, atau tokoh masyarakat yang ada disekitar kamu. Kamu juga bisa langsung melaporkan kepada Polisi dan Komnas Perempuan untuk mendapatkan perlindungan sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

Jadi jangan ragu dan jangan takut! Jika ada kejahatan dan pelecehan yang terjadi, Laporkan!


Pelecehan seksual tidak akan pernah berhenti kecuali kita semua ikut serta untuk melawannya. Mari kita ciptakan masyarakat Indonesia yang berkarakter dan bebas dari kekerasan berbasis gender!


Ditulis untuk meramaikan kampanye "Anti Kekerasan Berbasis Gender"
#CerdasBerkarakter
#BlogBerkarakter
#AksiNyataKita
#LawanKekerasanBerbasisGender
#BantuKorbanKekerasan


-----
Pranala luar:
https://www.merdeka.com/peristiwa/komnas-perempuan-kekerasan-seksual-pada-2019-capai-4898-kasus.html


Post a Comment for "5 Cara Melawan dan Mencegah Pelecehan Seksual: Jangan Takut!"